Senin, 20 November 2017

Ulasan buku akademik



Teks Ulasan Buku Akademik

          Nama : Novita                
       Nim : 170462201032     
         
AKUNTANSI PERUSAHAAN MANUFAKTUR

Judul                  : Akuntansi perusahaan manufaktur
Penulis               : Sigit Hermawan
Penerbit              : GRAHA ILMU
Cetakan              : Pertama
Tahun                 : 2008
Tebal                  : xi + 182 halaman
Bahasa               : Indonesia
Sampul              : orange dan putih





(1) Buku ini berjudul akuntansi perusahaan manufaktur disusun dengan maksud untuk memberikan alternative buku-buku akuntansi yang ada . yang ditulis oleh sigit hermawan, dimana buku-uku yang ada disusun dengan sudut pandang dan bahasa yang berbeda.tetapi secara konseptual mempunyai hikmah yang sama ,hanya aplikasi,setting yang berbeda .

(2) Demikian pula buku ini di susun dengan bahasa yang sangat mudah dan aplikatif untuk dipahami sehingga akan sangat membantu mahasiswa dalam memahami akuntansi. Apalagi akuntansi merupakan materi yang diberikan di semua program studi faakultas ekonomi. Tentunya mahasiswa masih memiliki pemahaman yang sangat minim tentang akuntansi, dengan back-ground pendidikan yang beragam pula.

(3) Buku ini memaparkan tentang segala hal yang berkaitan dengan akuntansi perusahan manufaktur yang akan memberikan gambaran komprehensif tentang praktik pada perusahan manufaktur dan membedakna perusahaan dangang dan perusahaan jasa dan mempelajari rekening-rekening biaya dalam akuntansi biaya.membahas meliputi  pengendalian internal dan akuntansi kas, piutang dagang dan piutang wesel, persediaa, aktiva tetap, aktiva tidak berwujud,kewajiban lancer , akuntansi perusahaan manufaktur.

(4) Buku ini membahas Penendalian internal dan akuntansi untuk kas diperliakn guna melindungi aktiva lancer paling liquid ini dari bentuk-bentuk pencurian dan kecurangan.prosedur-prosedur Pengendalian internal harus dirancang guna memastikan bahwa aktiva yang dimiliki perusahaan telah benar-benar aman , dimana membahas pegendalian internal khususnya  akuntansi untuk kas,dana kas kecil, dan rekonsiliasi bank. Lalu buku tersebut juga membahas tentang piutang dagang dan piutang wesel dimana sumber pendapatan perusahaan diperoleh dari penjualan atau pemberian  jasa perusahan kepada pihak lain. Penjualan barang dan ajasa dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti penjualan konsinyasi,penjualan tunai, dan penjualan kredit. penjualan konsinyasi lebih dikenal dengan penjualan titipan.penjualan tunai dilakukan dengan ada uang ada barang.penjualan kredit dilakukan pada masa mendatang.hasildari penjualan kredit adalah adanya pengakuan hak untuk menagih dari pihak yang memberikan barang atau jasa, atau lebih dikenal dengan piutang.dan menjelaskan mengenai akuntansi piutang baik piutang dagang dan piutang wesel.

(5) Terdapat persediaan yang merupakan aktiva lancer yang harus dikelola dengan baik, dimana rekening persedian tidak terdapat dalam laporan keungan (neraca) perusahaan jasa, yang ada hanyalah perlengkapan yang bertujuan menunjang usaha normal perusahaan.lalu ada terdapat aktiva tetap yang sangat berarti dalam operasional perusahaan.aktiva tetap memiliki karakteristik tersendiri yang berbeda dengan barang dagang, berbeda dengan investasi jangka panjang, berbeda dengan perlengkan kantor.selain itu adanya kewajiban jangka pendek dengan bahasa lain yaitu utang .dimana perusahaan sering menggunakan sumber dana berupa kewajiban untuk membiyai operasional dan investasi baik jangka pendek maupun jangka panjang.dan yang terakhir adalah akuntansi perusahaan manufaktur dimana perusahaan ini terbagi menjaditiga yaitu perusahaan jasa, perusahaan dagang, dan perusahaan manufaktur. Perusahaa jasa hanya memberikan jasa tanpa adanya persediaaan jika ada hanya sebagai membeantu kelancaran bisnis.perusahaan dagang memiliki persediaan yang dinamakan dengan persedian barang dagang. Sedangkann perusahan manufaktur adalah perusahan yang mengolah persedian barang baku menjadi barang jadi.

(6) Buku ini memiliki kekurangan dan kelebihan, dimulai dari kekurangan buku ini dimana penyampayan tentang akuntansi perusahaan manufaktur kurang dipaparkan lebih lengkap dan sulit dimengeri mengenai penghitungan akuntansinya, kelebihan dari buku tersebut menyajikan dengan bahasa yang mudah di mengerti dan menggunakan  tulisan EYD yang baik, sehingga mudah mengerti maksut dari buku ini.

(7) Tujuan diterbitkan buku ini yaitu membantu belajar mengenai akuntansi perusahaan manaufaktur yang baik. Agar menjadi akuntan yang baik dalam mengelola jurnal maupun mempelajari akuntansi .dan buku ini di peruntukan kepada pelajar yang ingin mendalami akuntansi yang lebih mendalam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar